bird

animasi blog

bird 2

animasi blog

Kamis, 31 Maret 2011

Tumis sepi (jengkol)

Jengkol
Kalian pasti tahu dong sama makanan yang namanya jengkol? itu loh yang bentuknya bulat pipih, kulitnya tipis berwarna coklat dan berbau khas. Untuk sebagian besar orang kota mungkin akan bergidik begitu mendengar nama JENGKOL. Jijik lah, makanan kampunglah, bau lah, noraklah ... Saya pun pada awalnya beranggapan dan berkomentar hal yang sama dengan komentar yang saya sebutkan diatas tadi. Apa sih jengkol, tidak level gitu lho. But you know what since i cooked jengkol it's succesfully make me punya pemikiran lain sama makanan yang baunya menyengat itu. Hikmah masak kali ya hehehe.

Ternyata jengkol tidak separah yang saya bayangkan. Yea even tetap tidak bisa di pungkiri bau nya menggelegar sehingga efek dari mengkonsumsinya adalah kamar mandi menjadi bau dikarenakan air seni kita berbau pesing yang uhmm semriwing. Selain itu juga jengkol banyak manfaatnya, antara lain : Dapat memperlancar buang air besar, mencegah diabetes dan mencegah penyakit jantung koroner. Kalau kita bisa mengolah dan memasaknya sedemikian rupa hasilnya enak juga kok. Dan dua minggu kemarin adalah kali pertama saya memakan makanan jengkol hasil masakan saya. Tapi yang saya masak bukan jengkolnya tapi sepi. Mungkin diantara kalian ada yang tidak tahu apa itu sepi. Sepi disini maksudnya bukan lantaran kosong melongpong alias tidak ramai, tapi sepi yaitu jengkol yang sebelumnya di kubur terlebih dahulu di dalam tanah lalu setelah matang baru di panen dan dijadikan masakan. Baunya sih tidak berbeda dengan jengkol dan itu sudah dibuktikan oleh saya hahahha.

Let's talk about tumis sepi, 

Bahan-bahannya : 

2 siung bawang merah dan putih di iris tipis
2 buah cabai merah dan hijau di iris tipis 
2 buah tomat dibuang bijinya yang kemudian di iris
2 buah kecap shaset kecil

Bumbu : 
Penyedap rasa royco/masako

Cara memasak : 

Sepi yang sudah di kupas kulitnya dan di cuci bersih di potong kecil-kecil di masak di atas api sedang hingga berwarna matang dan berwarna kecoklatan dan menjadi lebih empuk. Kemudian setelah itu masukan bahan-bahan dan tumis hingga harum, campur aduk hingga merata dengan sepi yang sebelumnya sudah di masak terlebih dahulu. Setelah merata masukkan bumbu hingga meresap ke dalam sepi. Terakhir tuangkan kecap shaset dan aduk-adik kembali sampai tercium bau harum. Tuangkan sepi ke dalam piring atau mangkok cantik. Taburkan irisan bawang goreng diatasnya. Selamat menikmati. 

Tumis sepi
Alhamdulillah tumis sepi buatan saya laris manis tanjung kimpul saat itu juga, bahkan adik saya sampai nambah makan tiga kali hehehe. So i recomended you try tumis sepi ... enak kok dan tidak akan merubah strata / kelas sosial kalian yang kaya menjadi miskin. Kalaupun ada yang berkomentar miring tentang kesukaan kalian mengkonsumsi jengkol dan atau sepi, abaikan sajalah - tidak perlu mendengar ocehan-ocehan tidak bermutu semacam itu. Tapi ya jangan lupa setelah memakannya, harus langsung gosok gigi dan kumur-kumur biar tidak bau mulut hahahhaa.

2 komentar:

Yusep Fitriadi mengatakan...

suka tuh tumis jengkolnya...maknyussssss

tenngoina mengatakan...

Enak kok alhamdulillah