bird

animasi blog

bird 2

animasi blog

Kamis, 24 Februari 2011

Komik Tatang S.

Tatang S.
Masih soal cerita tadi malam, tapi ini sebelum saya online.

Tahun pertama saya kecelakaan, saya pernah buka sebuah taman bacaan di teras depan rumah. Tujuan awalnya sih selain mencari kesibukan – karena hampir dipastikan gara-gara kecelakaan itu saya nggak punya kegiatan lain selain makan, onlen, tidur. Membosankan bukan?. Disamping itu juga, saya pengen mengembangkan minat baca anak-anak di lingkungan tempat tinggal saya. Karena jujur saja, mayoritas warga disini berasal dari golongan menengah kebawah. Jangankan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah, untuk sekedar sekolah sampai tingkat SMP dan SMU saja jarang sekali. Nggak sedikit dari mereka yang pada akhirnya putus sekolah gara-gara nggak mampu bayar.

Alasan lainnya karena saya nggak tahu harus diapakan koleksi komik-komik dan novel saya yang lumayan banyak tersebut?. Seharusnya usaha membuka taman bacaan jadi peluang yang bagus karena belum ada usaha sejenis di wilayah saya, tapi sayang karena ternyata minat baca disini belum memadai. Anak-anaknya lebih senang untuk bermain dan bahkan ada beberapa diantara mereka yang lebih memilih untuk ikut bekerja bersama orangtua dan atau kakak mereka.
Petruk Gaul

So bisa dipastikan usaha saya tersebut tidak berlangsung lama. Walaupun tidak dipungkiri anak-anak dan remaja-remaja dari kampung tetangga suka meminjam komik dan novel milik saya. Mereka sudah menjadi langganan. Ada beberapa buku dari koleksi saya juga yang raib, nggak dibalikin sama peminjam. Uh menyebalkan. Setelah usaha saya tutup, buku-buku itupun kembali menjadi teman debu di raknya masing-masing. Sampai pada akhirnya tadi siang mereka (kembali) bangkit dari tidur panjangnya. Mereka sengaja diungsikan kerumah adik saya yang sudah berumah tangga, itu artinya mereka akan punya majikan baru. Adik saya yang akan mengurus mereka disana.


Tadi sebagian dari mereka baru saja diantar kerumah adik saya. Ditumpukan atas saya lihat sebuah komik jadul karya pengarang legendaries Tatang S.. Cover depannya terpampang wajah petruk – pria berhidung panjang menyerupai hidung pinokio. Judul komiknya “Bukan Milik”. Dan dibagian depan covernya terdapat poto sang penulis, begitu juga dibagian belakangnya. Aje gila ini komik kan jadul banget, saya baru ingat kalau saya punya komik karya Tatang S.. Hehehe.

Saya buka halaman pertama, disana ada sebuah percakapan antara petruk dengan ceweknya.
Petruk  : “duileh doi gue hari ini kelihatannya kece banget!”
Terus di halaman berikutnya si Petruk ada ngomong gini : “sedangkan abang cintrong banget ama yeni”
Cewek  : “Yang penting kita saling cintrong mencintrong bang!”

Ini dia poto bang Petruk dengan baju kebesaranya

Coba deh perhatiin kata-kata diatas, ada yang lucu nggak?. Saya coba pilahin ya kata-katanya; duileh, kece, cintrong dan cintrong mencintrong. What the olds word, pal?. Khas Opa Tatang S. banget kan?. Itu baru dari tiga halaman saja, masih banyak kata-kata lainnya yang lucu dihalaman selanjutnya. Hehehe. Penasaran? Get it di toko buku langganan kamu. Tapi kita-kira stoknya masih ada nggak ya? Hehehe. Apa mau pinjem sama saya? Hihihihi kaboooorrrrr!

Tidak ada komentar: