bird

animasi blog

bird 2

animasi blog

Minggu, 13 Februari 2011

Whooaaaa....tuh kan nambah!

Kemarin, Sabtu 12 Februari 2011 pulang kerja saya pergi ke praktek Dokter mata di sebuah Rumah Sakit swasta di kota tempat saya tinggal. Dr. B. Natawidjaja, Sp.M (Dokter Spesialis Mata). Beliau kelihatannya sih keturunan Chiness, dilihat dari matanya hehe. Dokternya baik, I guess he’s 40-50 years old. Saya diantar my lovely mom.

Untungnya sebelum pergi saya sudah daftar dulu melalui perawatnya. Kebetulan Mama punya no ponselnya, karena bulan kemarin mama habis periksa disana. Jadi begitu sampai sana kami nggak harus menunggu lama. Kurang lebih lima menit kami nunggu – di waiting room ya tentunya. Begitu masuk ke ruangan Dokter hati saya terus terang dag dig dug, rasa deg-degannya nggak terlalu sama sih dengan deg-degan kalau ketemu pacar waktu abege dulu, tapi ya kurang lebih hampir sama lah rasanya. Hehe.  Pasien yang dipanggil dua orang dua orang. Di dalam sudah ada pasien yang sedang di periksa sama Dokter dan di test baca abjad yang di temple di dinding di depan. Dari abjad ukuran terbesar sampai dengan ukuran terkecil.

Sempat-sempatnya saya onlen, update status di facebook. “@ruangan Dokter … bntr lg mo di cek mata’y & di test baca … gw apalin dl ah abjad nyah heuheu”. Niat nyurangin Dokter sama perawatnya, ngapalin abjad per abjad yang ada disana. Hehe. Padahal nih hati rasanya udah nggak keruan. Terus terang waktu itu saya takut banget, takut minus saya nambah. Soalnya saya udah lama banget nggak pake kacamatanya. Bandel ya saya ini, udah tau matanya sakit minus tapi nggak pernah dipake lagi.

Saya nyuri denger Dokter ngomong gini ke pasien yang lagi diperiksa. “Wah kamu minusnya udah satu setengah. Kamu udah harus pake kacamata”. Nah lho, apalagi saya ya? Kira-kira minus saya berapa ya sekarang?. Campur aduk lah rasanya. Antara penasaran pengen tau ukuran minus mata saya tapi juga takut jangan-jangan minusnya bertambah gede.

Saya punya cerita seputar pengobatan mata. Dulu mantan saya pernah masuk ke RS Mata yang ada di Bandung. Hmm penyakit matanya apa ya dulu, saya lupa. Yang jelas matanya yang sebelah minus nah yang sebelah laginya fungsinya udah sangat kecil dibandingkan mata sebelahnya. Waktu itu dia menjalani sebuah operasi mata. Yang namanya operasi pastinya harus nginep donk ya di RS nya. Uh deh saya sempet ngerasain juga “menikmati” suasana malam disana. It’s scary you know!. Yang namanya RS Mata otomatis pasiennya juga nggak sebanyak RS umum. Jadi suasananya kalau malam sunyi senyap. Lift-lift hanya bekerja sepanjang siang aja.

Detik-detik menjelang dia di operasi, saya hantar dia sampai pintu ruang operasi. Beberapa jam kemudian dia keluar dari ruang operasi. Besoknya saya tanya proses operasi di dalam kamar bedah sana. Yang saya denger matanya di bersihin pake sikat khusus mata. Penjelasan dia saat itu masih saya ingat sampai sekarang. Yang bikin saya takut ya itu tadi, saya takut mengalami apa yang pernah dia alami (red: operasi). Hahaha segitu nya ya saya. Padahal kan belum tentu harus di operasi juga kan, tergantung penyakit mata yang kita derita juga, parah atau nggak. Ada beberapa orang saya denger yang pernah mengalami operasi mata ya seperti yang pernah mantan saya bilang diatas tadi. Makanya itu juga yang jadi alasan saya selama ini takut periksa ke Dokter mata. Dulu awal mulanya saya pakai kacamata, saya nggak periksa dulu ke Dokter Mata yang udah jelas-jelas ahlinya dalam hal ini. Tapi saya Cuma periksa di optic kacamata sekaligus pesan kacamatanya juga. Heuheu. Dan bandelnya saya, saya Cuma beli kacamata hanya karena suka sama modelnya aja. Paling Cuma dipake beberapa hari doank, paling lama dipake selama tiga bulan itupun nggak setiap hari. Seingetnya. Hehehe contoh yang nggak baik.

Balik lagi ke ruangan dokter. Giliran saya diperiksa. Kalau diibaratin nih, kayak mau naik panggung waktu acara 17 Agustus-an. Hahaha lebaydotkom. Mana abjad-abjadnya belum sempet saya hapalin lagi. Wah cilaka nih. Jreng…jreng…jreng…Dokter nanya “Kamu kenapa Din…apa keluhannya?” ya saya jawab aja “Pandangannya kabur Dok (tapi nggak tau juga sih kabur kemana hihihi)”. “Ya udah duduk sana (sambil nunjuk ke sebuah kursi keramat buat ujian baca (hhh lebay lagi dagh). Pu (nama perawatnya “Pupu”) itu tolong dibantu suruh baca si Dini nya” kata Dokter.

Test pun dimulai. Saya disuruh baca satu persatu abjad yang ada di depan saya. Dan saya dipakein kacamata berbentuk aneh, di cocokin semua lensa (ukuran minus) – dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ada abjad yang kelihatan dan bisa kebaca dengan jelas ada juga yang nggak. And the result is … saya minus tiga sodara-sodara!. Wow sebuah ukuran yang cukup besar bukan. Sesi cerewet sang Dokter pun dimulai. Dokter bilang “Dini, kamu pasti sering baca sambil tiduran, sms-an terus, pakai komputer lama-lama!”. Wah waktu itu saya merasa “ditelanjangi” si Dokter. Apa jangan-jangan dia sodaraan sama Ki Joko Bodo atau Deddy Corbuzer ya? Hehehe. Mama saya pun ikut ngomporin “Iya emang bener Dok. Ya gitu itu lah anaknya”. Waduh …. Kata Dokter minus tiga sudah lumayan parah dan harus cepet-cepet pake kacamata supaya nggak nambah parah minusnya. “Ya sedari dulu juga saya udah tau itu pak Dokter, Cuma emang pada dasarnya saya nya aja yang bandel (dalam hati)”. Saya sih ngeiyain aja apa kata Dokter biar nggak terjadi perdebatan yang tidak seharusnya terjadi hehe.

“Saya saranin kamu cepet-cepet pakai kacamata Din. Biar penglihatan kamu lebih fokus”
“Iya Dok”
“Sekarang kamu naik kesana. Tiduran” sambil nunjuk ke kasur pasien
“Coba Pu kamu tetesin matanya. Sekalian juga dikasih salep”
Uh rasanya perih Jendral! Setelah dikasih tetesan obat mata. Baru juga mau bangun – duduk, Dokternya udah keburu bilang “Kamu jangan dulu bangun sebelum kamu yakin kalau tetes matanya udah bener-bener masuk ke dalam mata kamu. Karena percuma kamu nggak akan sembuh-sembuh kalau gitu caranya”
Saya sih ya nurut aja apa kata Dokter. “Pu anti kamu kasih liat pilihan frame kacamatany yak e Dini. Biar dia sekalian pake kacamatanya” suruhnya ke perawatnya
Apa tuh main tembak aja, “Woy saya nggak bawa uang Dok!” teriak saya dalam hati. Habis itu Dokter langsung ngasih resep obat yang harus saya tebus yang total biayanya seratus lima puluh tiga ribu rupiah. Terus saya diajak keruangan di sebrang ruang praktek Dokter. Disana ada banyak model kacamata dengan macam-macam harga dari yang paling murah sampai yang mahal. Pengennya sih beli kacamata yang modelnya bagus tapi harganya murah. Akhirnya saya pilih harga empat ratus ribu dengan model kacamata yang saya suka – saya rasa modelnya nggak terlalu norak. Model gantung gitu. Ups … saya baru ingat kacamatanya belum saya tebus! Uangnya belum ada …. Hiks hiks hiks.

Tidak ada komentar: