bird

animasi blog

bird 2

animasi blog

Rabu, 27 Januari 2016

Jiwa-jiwa yang merindukan kasih sayang


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang jiwa-jiwa yang merindukan kasih sayang... 

Apakah ada diantara para pembaca sekalian yang masih hidup melajang? Istilah gaulnya sih “Single”. Saya tidak perlu menunggu kalian menjawab “YA atau TIDAK”, karena saya pun akan langsung tunjuk jari tanpa disuruh. Ya saya masih single sampai detik ini. Hehehe ini bukan promosi lho ya teman-teman.

Tak perlu kau risaukan perihal dirimu yang belum juga mendapatkan pasangan. Tak perlu kau merasa malu karena tak seberuntung mereka dalam hal pernikahan. Tak perlu kau hitung berapa banyak deretan angka yang menandai usiamu tapi belum juga dipertemukan dengan tulang rusuk / pemilik tulang rusukmu. Tak perlu kau hiraukan mereka yang bertanya padamu “sudah berapa banyak momonganmu?”. Karena sesungguhnya jodoh, maut, rezeki menjadi rahasia Illahi Rabbi.


Lalu pertanyaannya “kapankah masa itu akan segera tiba padaku?”. Fase ini sudah saya alami sejak beberapa tahun yang lalu, sebuah fase bertanya-tanya pada diri sendiri; semacam monolog, -tentang keajaiban dan kebesaran Allah SWT. “Ya Rabb, bilakah saya akan menikah dan mempunyai keturunan?”. Seringkali karena keegoisannya, manusia menjadi lalai dalam menyakini kebesaran Allah SWT. Lupa bahwa Allah SWT lah pemilik kita yang sesungguhnya. Sebagaimana Firman Allah SWT dalamAl-Quran dibawah ini :

QS Ar-Ruum : 21 

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةًۭ وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍۢ لِّقَوْمٍۢ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

QS Adz-Dzariyaat : 49

 وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah”

QS Yaa Siin : 36

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَزْوَٰجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلْأَرْضُ وَمِنْ أَنفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

“Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui”

QS An-Nahl : 72

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةًۭ وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik”

QS An-Nuur : 26

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌۭ

“Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang melimpah (yaitu: Syurga)”

Sebetulnya masih banyak sekali ayat-ayat suci Al-quran yang menerangkan tentang pernikahan. Surat-surat diatas baru sebagiannya saja. Kita bisa mengkajinnya lebih dalam dengan membaca dan memahami isi Al-quran. Allah sudah menuliskan segalanya disana, bahkan untuk hal-hal yang belum terjadi sekalipun. Maha Suci Allah dengan segala Firman-Nya.

Ingatlah satu hal, duniamu tidak akan berhenti berputar hanya karena kau belum mempunyai pasangan (menikah) dan keturunan. Tetaplah berikhtiar, berdo’a dan bersabar, karena sejatinya Allah SWT bersama orang-orang yang sabar dan Dia telah menciptakan umat-Nya berpasang-pasangan. Sementara ini, tunggulah hingga masanya tiba padamu ... semua akan indah pada waktunya.

So, apakah ayat-ayat Al-quran diatas sudah membuatmu lega sehingga tak lagi merasa dikejar-kejar pertanyaan “kapan menikah?” dan “kapan mempunyai keturunan?”. Dan untukmu para pencari cinta, cukuplah Allah satu-satunya penolongmu dalam segala hal, berkeluh-kesahlah kepada-Nya, memintalah yang baik-baik kepada-Nya. Inshaallah Allah mengabulkan do’a-do’a kita semua. Amin Allahumma Amin.

Tidak ada komentar: